Setelah 3 Hari SAR, KN Alugara Serahkan Hasil Temuan Ke Basarnas - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Setelah 3 Hari SAR, KN Alugara Serahkan Hasil Temuan Ke Basarnas

Setelah 3 Hari SAR, KN Alugara Serahkan Hasil Temuan Ke Basarnas

Share This





Jakarta (wartalogistik.com) - Pada hari ketiga, Selasa ( 12/1)  pencarian dan pertolongan (SAR) atas jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di perairan  Kepulauan Seribu  , KN Alugara P - 114 merapat di dermaga ex JICT II  dengan membawa satu kantong berisi serpihan pesawat  yang jatuh itu.


KN. Alugara yang dioperasikan  Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai ( PLP) Tanjung Priok, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla), Kementerian Perhubungan juga menjadi salah satu bagian dari Tim Gabungan SAR Sriwijaya Air SJ 182 dibawah komando  Basarnas ( Badan SAR Nasional).


KN Alugara merapat di dermaga yang menjadi Posko SAR pada pukul 12.30 WIB. Setelah sandar Nakhoda KN. Alugara, Capt. Fauzan Wirza M.Mar  didampingi Kasie Operasi PLP Tanjung Priok Capt. Alamin Husin M. Mar menyerahkan satu kantong berisi temuan serpihan dan barang milik korban pesawat ke pihak Basarnas.


Dari pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Laut ( Dirjen Hubla)  menyambut kedatangan kapal dan menyaksikan serah terima temuan itu Direktur KPLP ( Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai ), Ditjen Hubla, Kementerian Perhubungan, Kepala Otoritas Pelabuhan (OP) Tanjung Priok, Capt. Mugen S. Sartoto.


Dalam kegian Operasi SAR, KN Alugara didukung  awak kapal sebanyak 28 orang, Kasie Ops PLP Tanjung Priok, Tim SAR  Korps Alumni Menwa  Jayakarta sebanyak  8 orang.



KN Alugara memulai operasi  SAR dengan bertolak dari dermaga eks JITC II ke lokasi SAR pada hari Minggu (10 / 1) pukul 10.05 WIB dengan jarak 22 Nautikal Mil yang ditempuh 2 jam pelayaran.


Direktur KPLP , Ahmad yang ditemui di Posko OP Tanjung Priok ketika dikonfirmasi menyatakan kegiatan SAR mengikuti komando  dari pihak Basarnas sebagai pimpinan SAR pesawat Sriwijaya Air SJ 182.


" Kapal-kapal patroli Ditjen  Hubla pada saat melakukan pencarian di lokasi yang sudah ditentukan pihak Basarnas," ungkap Ahmad di Posko OP Tanjung Priok, dermaga eks JICT II, Selasa (12/1).


Ahmad juga menyatakan, dukungan pada kegiatan SAR akan terus dilakukan sesuai dengan komando Basarnas.  Pada hari ketiga ini Ditjen Hubla mendukung SAR dengan mengoperasikan 13 kapal dan RIB.


Ketika dihubungi vía telepon seluler, Capt. Alamin Husin M. Mar menyatakan personil KN Alugara dalam keadaan segar dan semangat untuk mendukung kegiatan SAR.


Setelah KN Alugara sandar, kegiatan SAR digantikan dengan KN Trisula Yang juga dari Pangkalan PLP Tanjung Priok.


(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here