BP3IP Jakarta Kukuhkan Master pada 36 Pelaut Perwira - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
BP3IP Jakarta Kukuhkan Master pada 36 Pelaut Perwira

BP3IP Jakarta Kukuhkan Master pada 36 Pelaut Perwira

Share This


Jakarta ( wartalogistik.com)  Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta menyelenggarakan   upacara Bon Voyage ke-54 bagi para lulusan program Diklat Pelaut Tingkat - I (Satu) bidang keahlian Nautika dan Teknika pada dan menyandang gelar Master Marine (M.Mar) dan Master Marine Enginer (M. Mar Eng) di  Jakarta, pada Jum'at (9/4).


Bon Voyage kali ini mengusung tema yang senada dengan International Maritime Organization (IMO) yaitu berpartisipasi aktif dalam mensukseskan the United Nations 2030 agenda for sustainable Development and the associated SDGs (17th Sustainable Development Goals).


Bon Voyage  ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), M.Yugihartiman.


Dalam sambutannya Yugihartiman menyampaikan peran aktif  Indonesia sebagai anggota Dewan IMO memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk menentukan arah dan kebijakan penyusunan aturan maritim internasional yang juga berpengaruh terhadap kebijakan maritim nasional. 


Hal ini sangat mendukung program maritim di Indonesia dan sejalan dengan visi Presiden RI, Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia," ujar M.Yugihartiman.


Untuk menunjang hal tersebut, Yugihartiman mengungkapkan, bahwa diperlukan SDM yang unggul dan kompeten dalam memenuhi kebutuhan transportasi yang terkoneksi, andal, selamat, aman, dan nyaman khususnya di bidang SDM Transportasi Laut, sesuai dengan program kerja Pemerintah Joko Widodo-Maruf Amin yang mencanangkan tahun 2019 sebagai tahun dimulainya peningkatan kualitas SDM. 


Oleh karena itu untuk membangun dan mengembangkan SDM yang unggul, lembaga diklat di bawah BPSDMP harus terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menyesuaikan kurikulum dengan kemajuan zaman khususnya pada era digitalisasi dan Industri 5.0. Seperti pada BP3IP Jakarta yang sudah menyelenggarakan distance e-learning, dan melakukan kolaborasi dengan stakeholder, serta mengembangkan diklat non mandatory yang diperlukan pasar” ungkap M.Yugihartiman 


Mengakhiri sambutannya, M.Yugihartiman berpesan kepada para peserta Bon Voyage bahwa meskipun telah mencapai tingkat tertinggi dari jenjang pelaut, mereka jangan cepat berpuas diri namun harus tetap mengembangkan diri dan dapat menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi di bidang maritim, dalam menghadapi tantangan dimana tuntutan tugas dan tanggung jawab sebagai pelaut  sehingga menjadi pelaut yang handal dan milenial di era digitalisasi 5.0.


Dalam laporan pendidikan Direktur BP3IP Ir. Sugeng Wibowo melaporkan sebanyak 56 Perwira transportasi laut dilantik hari ini dengan rincian Diklat Pelaut Ahli Nautika Tingkat I sebanyak 36 perwira dan Diklat Pelaut Ahli Teknika Tingkat I sebanyak 16 perwira.


Menutup acara Bon Voyage, BP3IP dalam kesempatan ini melaksanakan Launching Aplikasi GO BP3IP, Aplikasi yang di resmikan oleh Sekretaris BPSDMP ini merupakan start up berbasis android yang dikembangkan oleh BP3IP untuk memberikan pelayan administrasi dan akademik hingga layanan informasi lowongan pekerjaan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang saat ini. 


Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, pelayanan jasa perhubungan khususnya dalam bidang pendidikan yang andal dan memberikan nilai tambah dapat terwujud secara optimal.


( Abu Bakar)














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here