Layanan On Line Perizinan TUKS dan Tersus Dimanfaatkan Masyarakat - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Layanan On Line Perizinan TUKS dan Tersus Dimanfaatkan Masyarakat

Layanan On Line Perizinan TUKS dan Tersus Dimanfaatkan Masyarakat

Share This

 


Jakarta (wartalogistik.com)  - Terobosan yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam hal perizinan Terminal Khusus (Tersus) dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) menjadi berbasis online melalui Sistem Elektronik Perhubungan Laut Terintegrasi (SEHATI) mendapat sambutan yang hangat, seperti dari pihak PT Pertamina, PT Asia Madura, PT Antam dan dari masyarakat maritime untuk mengurus perizinan TUKS dan Tersus.

 

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R Agus H Purnomo mengatakan apresiasi atas layanan elektroniok untuk prizinan TUKS dan Tersus berdatangan dari berbagai kalangan mulai dari pengusaha hingga masyarakat, diantaranya PT Pertamina, PT Asia Madura, PT Antam dan dari masyarakat maritim," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Agus H. Purnomo, di Jakarta, Senin (26/4).

 

Agus Purnomo  mengungkapkan, SEHATI berawal dari sebuah ide untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. Terutama di era serba cepat seperti saat ini, dimana ketersediaan layanan berbasis online dan realtime menjadi tuntutan masyarakat, termasuk dalam hal perizinan.

 

"Melalui layanan perizinan online maka proses pengurusan menjadi lebih mudah, cepat, menghemat waktu, biaya, tenaga, serta seluruh proses dapat diawasi kapan saja dan di mana saja. Tentu ini menghadirkan suatu kemudahan baru," ujar Dirjen Hubla.

 

Dari tahun ke tahun, jumlah permohonan perizinan pembangunan dan pengembangan Tersus/TUKS di Indonesia terus meningkat. Di era Revolusi Industri 4.0 saat ini, semua proses layanan dituntut untuk seba cepat, praktis dan akuntabel dengan memanfaatkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi. Demikian juga dalam pengurusan perizinan Tersus/TUKS harus cepat dan tidak berbelit-belit.

 

Peluncuran Layanan Perizinan Tersus dan TUKS dalam Aplikasi SEHATI ini pun merupakan salah satu solusi dimasa pandemi ini dimana manfaat yang diberikan kepada badan usaha dan masyarakat terasa lebih signifikan. Hal ini juga menjadi salah satu upaya untuk membantu memutus penyebaran Covid-19, dengan mengurangi frekuensi pemberian layanan secara tatap muka.

"Oleh karena itu kami menghadirkan layanan SEHATI dan apresiasi ini menjadi cambuk motivasi agar kami selaku regulator dapat terus lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat," tutupnya.

 

(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here