KSOP Marunda Dukung Kesiapan Pengoperasian Terminal Pengembangan Pelabuhan KCN - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
KSOP Marunda Dukung Kesiapan Pengoperasian Terminal Pengembangan Pelabuhan  KCN

KSOP Marunda Dukung Kesiapan Pengoperasian Terminal Pengembangan Pelabuhan KCN

Share This





Jakarta (wartalogistik.com) – Pembangunan dermaga Pier -2  (kade 019)  Pelabuhan Karya Citra Nusantara (KCN) yang berada di kawasan Pelabuhan Marunda, Jakarta Utara memasuki  tahap akhir dan segera dimanfaatkan,

 

Sebelum digunakan dermaga tersebut, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Marunda, Capt. Isa Amsyari M. Mar didampingi Kordinator Lalu Lintas Angkutan Laut dan Jasa Kepelabuhanan KSOP Marunda,  Agus Supriyadi melakukan peninjauan untuk mengetahui sampai sejauhmana proses pembangunan dan kesiapan pengoperasiannya.

 

“KSOP Marunda terus mendorong dan memantau atas kegiatan pembangunan dermaga Pier – 2  KCN agar berlangsung lancar sampai selesai sehingga bisa dimanfaatkan,” kata Capt. Isa Amsyari M. Mar, di Jakarta, Selasa (13/7).

 

Kegiatan peninjauan  ke dermaga tersebut  berlangsung pada  Jum’at  9 Juli  2021 dengan sejumlah jajarannya, pihak Distrik Navigasi Tanjung Priok, pihak KCN serta perusahaan pemanduan dan penundaan ( PT KBS/ Krakatau Bandar Samudera). 


Sebelumnya pada Kamis (8/7) dilakukan rapat dengan Distrik Navigasi Tanjung Priok untuk  kesiapan uji coba kapal di dermaga Pier - 2 terkait dengan kesiapan SBNP (Sarana Bantu Navigasi Pelayaran).


Pada Peninjauan  juga memeriksa kesiapan dermaga, uji coba sandar kapal dan bongkar muat kapal LCT MT KSK miliki PT Fajar Bahari Nusantara, pemeriksaan alat remote VTS dan menara suar yang ada di lanta 2 KSOP Marunda. Panjang dermaga yang dibangun 250 meter dengan kedalaman kolam dermaga 4 meter dibawah permukaan air.

 

“Kami bersyukur ditengah situasi pandemik (menyebaran wabah) meningkat, pihak KCN masih terus melangsungkan pembangunan, sehingga dermaga yang nantinya untuk melayani kedatangan kapal bisa diselesaikan. Dan pada saat uji coba penyandaran kapal berlangsung dengan baik,”  jelas Kepala KSOP Marunda yang pernah menjadi pengajar di Poltekpel (BP2IP) Banten.

 

Lebih jauh capt. Isa Amsyari menyatakan, pihak KSOP Marunda melakukan memantau pembangunan dan mendukung bertujuan agar kegiatan pembangunan bisa berlangsung lancar dan sesuai dengan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.

 

“Selain itu juga jika pembangunan dermaga Pier – 2  selesai dan bisa dioperasikan, maka akan meningkat kedatangan kapal di terminal umum KCN dan pada akhirnya penerimaan pemerintah melalui Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui KSOP Marunda akan bertambah atau meningkat,” katanya.

 

Untuk itu, tambah Capt. Isa Amsyari, pihaknya terus melakukan memantau agar pembangunan terus berjalan tanpa kendala di lapangan sampai akhirnya bisa dimanfaatkan.

 

 

(Abu Bakar)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here