KSOP Banten " Jemput Bola " Vaksinasi pada Pelaut di Atas Kapal - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
KSOP Banten " Jemput Bola " Vaksinasi pada Pelaut di Atas Kapal

KSOP Banten " Jemput Bola " Vaksinasi pada Pelaut di Atas Kapal

Share This

 







Banten ( wartalogistik.com) -  Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten semakin peduli pada kesehatan pelaut yang sedang bekerja di kapal. Hal itu dibuktikan  pada Rabu ( 25/8) melangsungkan kegiatan untuk " jemput bola " pada pelaut Indonesia yang berada di kapal untuk divaksin anti Covid - 19.


" Sepanjang awak kapal yang di Pelabuhan Banten belum divaksin, maka akan dilayani untuk divaksin, " kata Capt.Barlet Silalahi seusai membuka kegiatan dengan sebutan Gebrakan Vaksinasi Ship To Ship yang berlangsung di dermaga Indah Kiat, Banten.


Selanjutnya dikatakan, tujuan kegiatan vaksinasi di atas kapal untuk menjangkau apa yang tidak bisa dilakukan di darat, dimana kesempatan awak kapal sangat sempit, karena profesi pelaut yang selalu berkeliling.


" Saat ini kami berfokus pada pelaut yang ada di kapal,  karena selama ini kegiatan vaksinasi  kami lakukan pada masyarakat yang ada di darat. Sedangkan pada pelaut, karena kapal sedang berlayar para pelaut terkendala untuk divaksin. Untuk itu tim medis yang bergerak menuju kapal yang sandar dimana awak kapal yang belum vaksin bisa langsung divaksin, tentunya setelah dichek kesehatannya," papar Capt. Barlet.


Kegiatan vaksinasi buat pelaut berlangsung karena adanya soliditas dan dukungan  dari masyarakat maritim di Banten untuk membentuk tim terpadu dengan pertimbangan ketersediaan sumber daya manusia dan fasilitas kapal yang bisa membantu menjangkau awak kapal  di perairan Banten.


" Program ini dilaksanakan secara sistematis, dan berkelanjutan sampai seluruh awak kapal warga negara Indonesia tervaksinasi," kata Capt. Barlet.



Seusai pembukaan kegiatan vaksinasi dengan vaksin Sinovac oleh tim dari Kantor Kesehatan Pelabuhan ( KKP) Banten melakukan pemeriksaan pada awak kapal Clematis yang dilanjutkan dengan pemberian vaksin.


Hadir dalam pembukaan Gebrakan Vaksinasi Ship To Ship, Komandan Lantamal Banten,  Direktur Polairud Polda Banten, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilegon, Kepala KPP Bea Cukai Merak, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Banten, Ketua INSA Merak, Ketua ISAA Merak.


Adapun masyarakat maritim yang mendukung antara lain DPC INSA Merak, DPC ISAA Merak, Pelabuhan Indah Kiat dan asosiasi maupun perusahaan lainnya.


Menganai batas waktu kegiatan, Capt. Barlet menyatakan tidak berbatas waktu akan berlanjut terus, jika ada kapal yang masuk sampai awak kapal yang masuk Banten sudah divaksin.


" Kegiatan ini juga salah satu upaya untuk terlibat dalam mendukung amanat Kemenhub dan Ditjen Hubla untuk terus mendukung kegiatan vaksinasi sampai pada profesi pelaut," kata Capt Barlet didampingi jajarannya.


Untuk itu tambah Capt. Barlet agar tim terpadu mendapat info pelaut yang akan divaksin, maka pihak KSOP Banten akan mengkordinasikan dengan perusahaan pelayaran dan agen kapal untuk menginfokan pelaut yang di atas kapal yang sandar di Pelabuhan Banten.

"Dari informasi  mengenai pelautnya yang belum divaksin, maka tim terpadu akan melayani kegiatan vaksin di kapal," jelas Capt. Barlet.



( Abu Bakar)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here