KSOP Gorontalo Amankan Muatan Batu Hitam Tanpa Dokumen Yang Benar - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
KSOP Gorontalo Amankan Muatan  Batu Hitam Tanpa Dokumen Yang Benar

KSOP Gorontalo Amankan Muatan Batu Hitam Tanpa Dokumen Yang Benar

Share This

 


Jakarta (wartalogistik.com) —  Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan ( KSOP) Gorontalo mengamankan dua kontener berisi bahan tambang   batu hitam gelena, karena tidak dilengkapi  dokumen yang sebenarnya, pada Sabtu (28/9)


Menurut Plh KSOP Gorontalo, Ramlan D Raturante,  kegiatan pengamanan dua kontener  itu berawal adanya informasi masyarakat  pada Sabtu (28/08/2021) dini hari pukul 02.00 WITA, akan adanya pengiriman hasil tambang batu hitam  keluar daerah, melalui Pelabuhan Gorontalo tanpa dokumen muatan yang benar.


“Berdasarkan informasi itu kami langsung mengecek di pelabuhan. Info awal hanya satu kontener,  ternyata ada dua konteiner yang siap dikirim,  ” kata Ramlan D Raturante, pada Senin (30/08/2021) diruang kerjanya kepada wartawan medgo.id.


Atas temuan itu, pihak KSOP Gorontalo langsung memanggil pihak perusahaan pelayaran  dan agen yang mengurus pengiriman kontener tersebut untuk mendapat keterangan.  


“Dari pengakuan pihak agen bahwa benar bahwa  kontener tersebut berisi  batu Hitam, ” kata   Kasie KBPP (Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli), KSOP Gorontalo Capt. M. Alamin Husin, MH. M.Mar yang juga selaku penyidik.


Tindakan selanjutnya, kata Capt.  Alamin Husin adalah  melakukan pemeriksaan dokumen muatan barang tersebut.


“Jika tidak terpenuhi administrasi muatan yang benar, hak kami untuk menahan di pelabuhan, sampai dilengkapi oleh pemilik barang, ” tegas Alamin.


Adapun administrasi yang diperlukan untuk pengiriman batu hitam, selain sertifikat, dibutuhkan pelunasan pembayaran pajak/retribusi bagi negara. Saat semua adminstrasi sudah terpenuhi, pengiriman muatan dalam konteiner dapat dilakukan.


Alamin membeberkan, ini kedua kalinya KSOP menggagalkan pengiriman batu hitam, keluar dari Pelabuhan Gorontalo tanpa dokumen yang seharusnya.Dan menghimbau Kepala masyarakat, agar tak segan memberikan informasi bila ada indikasi pengiriman bahan tambang secara ilegal melalui Pelabuhan Gorontalo.


Berdasarkan pemeriksaan adminstrasi, terungkap bahwa dalam dokumen barang tertera muatan nya, kategori general cargo (cargo umum), bermuatan  besi tua, yang akan dikirim dengan tujuan Surabaya.


"Maksud kami mengamankan dua kontener di pelabuhan, agar pemilik barang bisa mengurus dokumen sesuai ketentuan yang berlaku," kata Capt. Alamin Husin dalam pesan tertulis melalui hp, pada Selasa (31/8).


Kepala TU KSOP Gorontalo, Andrev E juga menyatakan sampai saat ini tidak ada laporan terkait dokumen muatan atas barang batu hitam yang akan dikirim dari Pelabuhan Gorontalo.


(Abu Bakar/medgo.id)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here