WIMA Dorong Peningkatan Peranan Wanita di Sektor Kemaritiman - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF


 

Post Top Ad

Responsive Ads Here
WIMA Dorong Peningkatan  Peranan Wanita di    Sektor Kemaritiman

WIMA Dorong Peningkatan Peranan Wanita di Sektor Kemaritiman

Share This

 




Jakarta (wartalogistik.com) - Women in Maritime Indonesia (WIMA INA) terus berkomitmen mendukung peranan wanita di bidang maritim untuk membangun kembali dan meningkatkan peran wanita di bidang maritim di Indonesia.


Atas komitmennya itu WIMA meresmikan berdiri dan dan berjalannya Legal Help Desk, yang bisa diakses melalui  helpdesk@wima-indonesia.org pada saat memperingati Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 2021, di Jakarta.


Women In Maritime Association Indonesia (WIMA INA) menggelar Webinar Nasional “Pencapaian Perempuan Indonesia di Sektor Maritim & Launching Legal Help Desk”  yang diselenggarakan secara hybrid di Menara Kadin Jakarta. 


Sebagai Keynote Speaker dalam Webinar ini adalah Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut yang diwakili oleh Direktur Perkapalan dan Kelautan, Bapak Ahmad Wahid. Di dalam sambutannya, Bapak Ahmad Wahid menyampaikan bahwa Kementerian Perhubungan, melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, terus berupaya untuk memastikan dam menjamin bahwa perempuan Indonesia mendapatkan kesetaraan gender dan Pendidikan di sector maritime. Hal ini, ujarnya berkaitan juga dengan akses terhadap sumber daya ekonomi sendiri.


“Dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober ini, WIMA INA memberikan warna berbeda,  dengan mengadakan Webinar Nasional bertajuk Pencapaian Perempuan Indonesia di Sektor Maritim & Launching Legal Help Desk, dimana legal help desk ini ditujukan untuk memberikan pendampingan bantuan hukum di bidang maritime bagi para pelaut dan pekerja wanita di setor kemaritiman ," kata Ketua Umum WIMA INA Dr.Chandra Motik, dalam paparannya sebagai narasumber pertama dalam Webinar ini. 


Chandra Motik, pakar kelautan dan kemaritiman yang sangat langka di Indonesia, aktif menggaungkan kepada Pemerintah dan masyarakat agar bangsa Indonesia kembali ke laut dan membangun budaya maritime demi mewujudkan Indonesia sebagai negara maritime.

Selain itu Chandra Motik juga prihatin mendengar berita-berita  adanya masalah- masalah yang dialami perempuan pelaut atau para oekerja perempuan di bidang maritim,


"WIMA INA merasa terpanggil untuk dapat membantu pelaut perempuan ataupun pekerja perempuan di bidang maritim bilamana mendapat masalah pelecehan, ketidak adilan di dalam pekerjaan meteka maupun dalan kehidupan sehari- hari mereka dapat mendatangi WIMA utk diberikan pendampingan di bidang hukum" jelas Chandra Motik.


Carmelita Hartoto, Ketua Umum INSA dan waketum WIMA, hadir sebagai  narasumber kedua dalam webinar ini. Beliau dalam paparannya menyebutkan bahwa peran perempuan di bidang maritim di Indonesia sudah memiliki cakupan yang cukup besar. Hal ini bisa dilihat dari beberapa jabatan strategis yang telah dipegang perempuan di industri ini sejak beberapa tahun terakhir. Beliau juga menyatakan bahwa pemberdayaan perempuan pada sektor maritim bukan ditujukan menjadi pesaing bagi laki-laki, melainkan bersinergi antara keduanya.


Irma Suryani Chaniago, Anggota DPR RI tahun 2021 – 2024 dan Komisaris independent PT. Pelindo, hadir sebagai narasumber ketiga dalam webinat ini. Dalam paparannya, beliau menyebutkan bahwa saat ini diperlukan adanya Undang-undang perlindungan kesetaraan gender (menjamin penghapusan diskrimanasi, kekerasan terhadap perempuan, penghapusan semua praktek yang membahayakan perempuan, dan menyadari pelayanan dan pekerjaan, memastikan bahwa perempuan dapat berpartisipasi penuh dalam kehidupan social, ekonomi dan politik.


Sebagai narasumber terakhir dalam webinar ini adalah Dothy, Direktur Teknik PT. Pelindo Terminal Petikemas yang juga Ketua Ikatan Alumni Swedia. Dalam paparannya, beliau menyebutkan bahwa harus ada keseimbangan antara karir perempuan sebagai pemimpin dan sebagai perempuan yang mengabdi pada keluarganya. Untuk itu diperlukan kiat-kiat khusus dan tehnik untuk men-switch peran diantara peran sebagai pemimpin di organisasi dan di rumah.


Webinar ini dimoderatori oleh Yanti Agustinova, Ketua Bidang Program WIMA INA dan sebagai MC, Indhira Gita Lestari, Corporate Affair Manager PT. Jakarta International Container Terminal.


(Abu Bakar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here