Kolinlamil Sosialisasikan Kespel ke Nelayan, Kantor Pangkalan PLP Tanjung Priok dan KSOP Marunda Dukung - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF


 

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Kolinlamil Sosialisasikan Kespel ke Nelayan, Kantor Pangkalan PLP Tanjung Priok dan KSOP Marunda Dukung

Kolinlamil Sosialisasikan Kespel ke Nelayan, Kantor Pangkalan PLP Tanjung Priok dan KSOP Marunda Dukung

Share This





Jakarta ( wartalogistik.com) - Kantor Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Marunda mendukung kegiatan Kolinlamil ( Komando Lintas laut Militer) melakukan sosialisasi dan latihan  keselamatan pelayaran (kespel) pada masyarakat nelayan  Desa  Muara Tawar, Tarumajaya,  Bekasi, Jawa Barat, Rabu (10/11).


Kolinlamil melakukan kegiatan sosialisasi dan latihan kespel itu merupakan rangkaian kegiatan  Komunikasi Sosial Masyarakat Pesisir,  berlangsung di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Paljaya Muara Tawar. Hadir dari masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan dan mengawaki kapal wisata.  Selain pemberian  materi sosialisasi aspek keselamatan pelayaran, dilakukan juga kegiatan  penyelamatan di perairan atas kejadian kebakaran maupun kapal terbalik.


Hadir juga dalam   mendukung acara itu Kepala Kantor Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok Capt. Wahyu Prihanto M.Mar, Kepala KSOP Kelas IV Marunda, Capt. Isa Amsyari M. Mar Kepala Polsek Tarumajaya, Sekretaris Kecamatan Tarumajaya dan pemangku kepentingan Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, UPTD TPI Paljaya dan Pokmas Hiu Paljaya.


Asisten Personel Kolonel Laut (E) Rendra Feronika yang mewakili Panglima Kolinlamil dalam sambutannya menyatakan, sosialisasi ini sebagai sarana membangun silaturahmi antar instansi maritim dengan masyarakat pesisir sebagai bagian dari bentuk ketahanan negara. 


" Karena dengan ini dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk mendapatkan masukan dalam rangka terus meningkatkan pembangunan di daerah pesisir” ujar Asisten Personel Kolonel Laut (E) Rendra Feronika.


Lebih jauh Kolonel Laut (E) Rendra Feronika menyatakan, keselamatan dalam pelayaran merupakan hal penting, sehingga tujuan utama dari sosialisasi dan latihan ketrampilan keselamatan pelayaran ini agar memahami dan mengerti tentang resiko dan bahaya yang dihadapi selama di laut.


Selain itu, tambahnya,  untuk pengawak kapal atau perahu wisata dapat memahami dan memperhatikan keselamatan penumpang dengan memperhatikan rambu-rambu maupun tanda navigasi yang dilengkapi dengan peralatan keselamatan.


Aspotmar Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara yang mengomandani kegiatan ini menyatakan, kami juga menekankan agar pengawak kapal memperhatikan kondisi cuaca pada saat akan melaksanakan pelayaran serta mencatat nomor darurat dari instansi yang berwenang termasuk Pangkalan/Pos Angkatan Laut terdekat yang bisa dihubungi apabila terjadi permasalahan di laut.


Disamping kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran, Kolinlamil juga terus kebut serbuan vaksinasi untuk masyarakat pesisir Muara Tawar dengan dosis untuk 200 warga.


Dukungan dari pihak Kantor Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok atas kegiatan Komunikasi Masyarakat Pesisir dari Kolinlamil itu juga berupa menyampaikan paparan mengenai pentingnya awak kapal memperhatikan pemenuhan  keselamatan pelayaran guna mencipta keadaan selamat di laut.


Sementara itu dalam kegiatan sosialisasi kespel dari pihak KSOP Marunda, menampilkan pembicara  Kepala Kordinator Keselamatan Berlayar Penjagaan ─Ćan Petroli,  Capt. Dwi Hendrikus yang memberikan materi tentang Penyelenggaraan Pelabuhan dan Keselamatan Pelayaran. Dalam paparannya Capt . Dwi Hendrikus menjelaskan Wilayah Kerja KSOP Marunda beserta  Tugas dan Fungsi KSOP. Pengertian Kelaikan dan Keselamatan Kapal. Dokumen apa yang harus dimiliki kapal-kapal dibawah 7 GT yang biasa digunakan para nelayan dan operator kapal wisata. Dokumen apa yang harus dimiliki awak kapal untuk kapal berukuran GT 7. Secara rinci juga dijelaskan tentang persyaratan pembuat Pas Kecil, BST KLM dan persyaratan pembuatan Surat Kecakapan Keahlian ( SKK) 30 Mil.


Selasai pemaparan tentang keselamatan pelayaran para peserta dilatih oleh pihak  dari Kolinlamil mengenai bagaimana mengatasi keadaan berbahaya di laut. Latihan langsung di kawasan perairan dengan skenario mengatasi kecelakaan di laut, misalnya perahu terbalik dan memberikan pertolongan sampai membawa korban ke celakaan ke darat.


Disamping kegiatan sosialisasi keselamatan pelayaran, Kolinlamil juga terus kebut serbuan vaksinasi untuk masyarakat pesisir Muara Tawar dengan dosis untuk 200 warga dan pemberian jaket pelampung.



(Abu Bakar) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here