Rob Genangi Kawasan Pelabuhan Muara Angke, Muara Baru dan Sunda Kelapa - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Rob Genangi Kawasan Pelabuhan Muara Angke, Muara Baru dan Sunda Kelapa

Rob Genangi Kawasan Pelabuhan Muara Angke, Muara Baru dan Sunda Kelapa

Share This

 


Jakarta ( wartalogistik.com ) - Banjir rob yang terjadi di kawasan Jakarta Utara  merendam tiga kawasan pelabuhan, yakni Pelabuhan Muara Angke, Pelabuhan Sunda Kelapa dan Pelabuhan Muara Baru pada Senin (8/11).


Bagian yang terkena banjir rob bervariasi. Sebagian besar adalah ruas jalan di dalam pelabuhan yang rendah, sedangkan bangunan kantor gudang dan dermaga yang lahannya tinggi terhindar dari genangan.


Namun dermaga yang rendah pun akan terkena banjir seperti di terminal penumpang Kali Adem, Pelabuhan Muara Angke yang sebagian  masih rendah dermaganya.


Di Pelabuhan Muara Angke banjir karena rob sudah mulai terlihat di kawasan pelabuhan mendekati pukul 10.00 WIB hari ini, Senin (8/11). Perlahan air terus naik sampai menggenang.


" Rob sudah berlangsung sejak Jum'at lalu dan hari ini masih terus terjadi dan meninggi," ungkap Kepala Petugas Status Hukum dan Sertifikasi Kapal (SHSK), KSOP Muara Angke, Ichwan Darwanto Darwanto ketika di konfirmasi mengenai rob.


Penumpang di terminal penumapng Kali Adem pada Sabtu ( 6/11) dan Minggu (7/11) yang akan ke Kepulauan Seribu juga harus melintasi genangan air di dermaga sisi barat yang masih rendah.


Meski adanya rob, Ichwan Darwanto menyatakan layanan dokumen kapal  tetap berlangsung. Dan kapal- kapal bisa berjalan karena sebagian besar kapal beroperasi pukul 08.00 WIB sebelum genangan meninggi.


Keadaan yang sama juga terjadi di  Pelabuhan Ikan Muara Baru, air menggenang karena rob sejak Minggu (7/ 11) pukul 09.00 WIB dan terus meninggi sampai harin ini. 


Menurut Kepala Kantor Wilayah Kerja Muara Baru, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan ( KSOP) Sunda Kelapa, Maas Sobirin, kawasan pelabuhan yang terendam adalah jalan utama masuk pelabuhan dan jalan sisi barat yang ada di dalam kawasan pelabuhan.


" Kegiatan layanan di Wilker Muara Batu tetap berlangsung, dan dermaga juga aman dari genangan," kata Maas Sobirin.


Sementara itu di Pelabuhan Sunda Kelapa hari ini banjir rob juga menerpa KSOP Sunda Kelapa. Dari sejumlah pengguna jasa menyatakan layanan tetap berjalan di KSOP Sunda Kelapa.


(Abu Bakar)


Foto genangan rob di Muara Angke






Foto genangan rob di kawasan Pelabuhan Muara Baru




Genanga rob di Pelabuhan Sunda Kelapa





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here