KSOP Muara Angke Buka Posko Penyelenggaraan Angkutan Nataru 2021 - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
KSOP Muara Angke Buka Posko Penyelenggaraan Angkutan Nataru 2021

KSOP Muara Angke Buka Posko Penyelenggaraan Angkutan Nataru 2021

Share This







Jakarta ( wartalogistik.com) -  Untuk mengantispasi meningkatkan penumpang agar lancar, aman dan selamat  dalam perjalanan dengan angkutan laut dan tetap tegaknya protokol kesehatan pada akhir tahun ini Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan ( KSOP) Kelas IV Muara Angke mengkordinasikan potensi instansi yang ada di terminal Kali Adem, Pelabuhan Muara Angke dengan menyediakan Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal 2021 Tahun Baru 2022 dan tujuh kegiatan yang harus dijalankan.



Kepala KSOP Kelas IV Muara Angke, Dimyati MM, M. Mar Eng. menyatakan, tujuan kita bersama melangsungkan kegiatan apel pembukaan posko adalah untuk semakin memantapkan koordinasi antar petugas, instansi terkait, penyedia jasa dan asosiasi yang terlibat langsung dalam  Penyelengaraan Angkutan Laut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022;


Hal itu, sambungnya, mengingat pandemi Covid-19 masih melanda negeri kita, saya menghimbau untuk melakukan upaya dalam menjaga kelancaran pergerakan penumpang angkutan laut dan mencegah penyebaran Covid-19 yang masih terjadi.


"Melakukan upaya dalam menjamin  keselamatan dan kesehatan penumpang, maka awak kapal, dan petugas pelabuhan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam rangka mengurangi risiko penyebaran Covid-19," katanya dalam kegiatan Apel Siaga Pembukaan Posko Penyelenggaraan Angkutan  Laut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, pada Jumat ( 17/12) di terminal Kali Adem, Pelabuhan Muara Angke.


Selain itu, sambung Dimyati untuk memastikan seluruh armada kapal dalam keadaan laik laut. Kita telah melaksanakan uji kelaiklautan kapal terhadap seluruh kapal yang berada atau beropersi di wilayah pelabuhan Muara Angke.


Selanjutnya Dimyati juga mengamanatkan pada para peserta apel dari berbagai instansi baik sipil maupun militer di terminal Kali Adem agar melaksanakan hal-hal sebagai berikut ;


Pertama, Sesuai Instruksi Dirjen No: IR.2/DJPL/2021 agar melaporkan perkembangannya setiap hari ke Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Natal  2021 dan Tahun Baru 2022. 


Kedua, menyediakan alat pemeriksaan Kesehatan, fasilitas vaksin, tempat isolasi sementara, memastikan seluruh petugas dalam keadaan sehat dengan melakukan pemeriksaan rutin, seluruh penumpang wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi dan membuat contingency plan jika terjadi hal-hal yang darurat.


Ketiga,  memastikan seluruh penumpang, petugas baik di pelabuhan maupun di kapal menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu Memakai Masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan. Selain itu, memastikan telah dilakukan pengecekan suhu tubuh kepada seluruh penumpang dan petugas baik di pelabuhan maupun di kapal, serta dilakukan penerapkan jaga jarak (physical distancing) baik di terminal penumpang maupun di kapal.


Keempat, memastikan bahwa seluruh fasilitas di pelabuhan maupun di kapal telah dibersihkan dan dilakukan disinfektan secara berkala oleh instansi atau operator yang bertanggung jawab.


Kelima, meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran serta berkoordinasi dengan instansi dan stakeholder terkait, termasuk dengan BMKG setempat untuk menyebarluaskan prakiraan cuaca dari BMKG kepada masyarakat maritim untuk mewaspadai terjadinya cuaca buruk.


Keenam, mengoptimalkan potensi armada, terutama ruas-ruas dengan jumlah penumpang tertinggi pada arus wisatawan sehingga dapat mengurangi terjadinya penumpukan penumpang.


Ketujuh, perusahaan pelayaran wajib memperbaharui/meng-update informasi terkini jadwal kedatangan/keberangkatan kapal baik di pelabuhan atau melalui media sosial. 


( Abu Bakar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here