Disambut di Pelabuhan Tanjung Priok, KM. Kelud Bawa Penumpang Arus Balik Tertinggi dari Batam dan Belawan Malam Minggu - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Disambut di Pelabuhan Tanjung Priok, KM.  Kelud Bawa Penumpang Arus Balik Tertinggi dari Batam dan Belawan Malam Minggu

Disambut di Pelabuhan Tanjung Priok, KM. Kelud Bawa Penumpang Arus Balik Tertinggi dari Batam dan Belawan Malam Minggu

Share This

 






Jakarta (wartalogistik.com) -  Arus balik pemudik dengan jumlah yang besar pada kapal laut milik PT. Pelni juga mulai terlihat di terminal penumpang kapal laut Pelabuhan Tanjung Priok,  pada Sabtu malam (7/5).  Pemudik yang kembali ke ibu kota itu dilayani KM Kelud dari Batu Ampar, Batam dan Belawan dengan membawa penumpang sebanyak 1387 orang, dengan rincian dari Batam sebanyak 1027 orang dan dari Belawan  360 orang.

Kedatangan KM Kelud pada pukul 22.00 WIB merupakan kedatangan penumpang kapal terbanyak sejak memasuki arus balik.


Kedatangan kapal penumpang itu disambut Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok,  Capt.  Wisnu Handoko, GM PT. Pelindo Regional 2 Tanjung Priok,  Hadi  Safitri Noor,  GM Pelni Cabang Tanjung Priok, Nuraini Dessy Winiastuti, Kepala Kantor Kesehatan,  Perwakilan Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kepala Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP)  Tanjung Priok,  Capt.  Wahyu Prihanto.

Capt.  Wisnu Handoko M. Mar menyatakan,  kehadirannya bersama sejumlah pihak di terminal penumpang merupakan bentuk perhatian kepada penumpang yang baru kembali dari kampung halaman setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 H,  maupun penumpang yang baru datang ke ibu kota.

" Bersama sejumlah pihak kami sengaja untuk melihat langsung pelayanan,  sehingga para penumpang setelah turun dari kapal,  benar-benar dilayani dengan lancar ke luar terminal.  Keamanan juga dilakukan secara gabungan dari sejumlah instansi,  baik dari Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok (KPLP),  Polri, TNI,  BNPB, Kantor Kesehatan agar  penumpang bisa aman dalam menggunakan kendaraan lanjutan di halaman terminal penumpang kapal laut, " papar Capt.  Wisnu Handoko.

Hadi Savitri juga menyatakan, terminal penumpang sudah disiapkan untuk melayani penumpang pada masa mudik dan balik.  Dan dari kegiatan melayani saat arus mudik dengan kapal laut,  kapasitas terminal mencukupi untuk menampung penumpang sebelum naik ke kapal.

" Kapasitas teras untuk penumpang menunggu sebelum naik ke kapal sangat memadai dari sisi luas maupun pengamanan selama di terminal," ungkap Hadi Savitri didampingi Anwar,  Kepala Humas Pelindo Regional 2 Cabang Tanjung Priok.

Hadi Safitri juga menambahkan, atas meningkatnya jumlah penumpang dari pelabuhan Tanjung Priok, baik pada kapal Pelni reguler atau umum, maupun kapal Pelni yang melayani pemudik gratis menggunakan motor, pelayanan di terminal sudah disiapkan mengantsipasinya.

" Dengan begitu, maka pelayanan diharapkan akan berlangsung lancar sampai selesai melayani kapal-kapal penumpang yang membawa pemudik," sambung Hadi Safitri.

Hal senada juga diungkapkan Nuraeni Dessy Winiastuti yang menyatakan,  sampai saat ini, baik ketika arus mudik dan balik layanan penumpang kapal laut lancar. Meski terjadi peningkatan penumpang, untuk naik kapal tetap menggunakan protokol kesehatan. Hal itu dilakukan saat penumpang membeli tiket sudah terdata jika penumpang yang sudah divaksin. Untuk penumpang KM Kelud yang datang saat ini merupakan penumpang reguler atau umum, bukan layanan angkutan mudik gratis menggunakan kendaraan motor.

“ Kapal yang melayani masih cukup menampung penumpang,  meski saat ini jumlah arus balik dari penumpang umum di kapal Kelud merupakan tertinggi dari kapal sebelumnya yang datang, " ujar Dessy.

Selain itu Dessy juga menyatakan, peningkatan pemudik dengan kapal penumpang Pelni  melalui pelabuhan Tanjung Priok naik sangat signifikan mencapai 180 persen. Namun demikian jajaran Pelni Cabang Tanjung Priok bisa melayani penumpang dengan baik dan berjalan lancar. 


Sebelumnya kapal yang sudah sandar di Pelabuhan Tanjung Priok untuk melayani arus pemudik balik adalah KM Dorolonda yang datang dari Surabaya, pada Jumat (6/5) dengan membawa penumpang dari Makassar, Bau- bau, Namlea, Ambon.  Penumpang yang dibawa sebanyak 710 orang, selanjutnya KM Dorolonda kembali berangkat pada Sabtu (7/5) dengan membawa penumpang sebanyak 706.

Kegiatan menerima penumpang balik di terminal Pelabuhan Tanjung Priok juga dilakukan dengan menyertakan pemeriksaan swab antigen secara acak dalam rangka menjalankan prokes.

Salah seorang penumpang yang ditemui di terminal menyatakan mendapat layanan selama di terminal keberangkatan.

" Penumpang memang penuh dibanding hari biasa,  tapi di kapal layanan baik,  dan di terminal penumpang di Batam juga lancar, " kata Suradin,  salah seorang penumpang.

( Abu Bakar)



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here