Pelindo Selenggarakan Khitanan Massal, Masyarakat Sangat Terbantu - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Pelindo Selenggarakan Khitanan Massal, Masyarakat Sangat Terbantu

Pelindo Selenggarakan Khitanan Massal, Masyarakat Sangat Terbantu

Share This

 





Jakarta (wartalogistik.con) -  Sebanyak 500 anak dari di kawasan Jakarta Utara, pada Selasa (5/7) menjalani kegiatan khitanan masal dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo)  melalui  PPDI ( Pusat Pembinaan Dakwah Islam )  PT. Pelindo  bekerjasama dengan  DMI (Dewan Masjid Indonesia)  Jakarta Utara sebagai pengerahan pesertanya.


Kegiatan yang berlangsung di Pelabuhan Tanjung Priok itu dimulai dengan pembukaan oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT. Pelindo,  Mega Satria, mewakili Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono. Mega Satria  menyatakan, Pelindo mengapresiasi  atas kegiatan khitanan kepada masyarakat yang berada di lingkungan sekitar Pelabuhan Tanjung Priok. Karena kegiatan khitanan menjadi kebutuhan bagi masyarakat untuk anak-anaknya.


"Kegiatan ini sebagai bukti karya dari  Pelindo untuk membantu umat di sekeliling kita. Dan diharapkan yang berkhitan  atau adik-adik bisa menjadi penerus bagi masyarakat, menggantikan kita dengan lebih baik lagi," kata Mega Satria.


Hadir dalam kegiatan itu perwakilan dari Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tanjung Priok, Kantor Imigrasi Tanjung Priok, Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok, Camat Tanjung Priok Syamsul Huda, Lurah Tanjung Priok Teguh Subroto dan sejumlah lainnya dari Jakarta Utara serta berbagai perwakilan instansi lainnya.



Khitanan berlangsung di dua tempat, yakni Aula Masjid Al Ikhlas  dan Aula Masjid Qodamuttaqwa, Pelabuhan Tanjung Priok.


Ketua PPDI PT. Pelindo, Mujianto,  dalam laporannya menyatakan kegiatan khitanan ini merupakan bentuk rasa syukur dari pihak Pelindo dan membagi kebahagiaan pada lingkungan pelabuhan. Diharapkan juga kegiatan ini membantu masyarakat dalam mengkhitankan anaknya.


"Semoga kegiatan ini membawa keberkahan bagi penyelenggara, yakni pegawai Pelindo yang selama ini mengeluarkan zakat, infak, shodakoh yang diperuntukan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan," kata Mujianto didampingi Ketua Bidang Maziska, Ichwanul Kamaludin.


Secara rinci Mujianto menyatakan, selama ini pegawai Pelindo  mengeluarkan ZIS. Dan dari amal yang dikeluarkan itu ditetapkan untuk kegiatan membantu masyarakat yang membutuhkan, termasuk kegiatan khitan yang diselenggarakan saat ini.


"Setiap tahun kami menyelenggarakan khitanan masal,  dana kegiatan lainnya dari dana yang dikumpulkan pegawai Pelindo selama ini melalui PPID," kata Mujianto.


Adapun kegiatan lainnya yang rencananya akan dilakukan berikutnya berupa menyelenggarakan  nikah masal (Isbat/ mengurus aspek legal bagi peserta yang sudah nikah siri), pemberian Alquran ke pelosok-pelosok daerah yang membutuhkan.



Ketua DMI Kecamatan Tanjung Priok, Tri Supagandi  dalam sambutannya di acara itu mengapresiasi apa yang dilakukan Pelindo melalui PPID,  karena kegiatan khitanan ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Terbukti ketika dibuka pendaftaran, pesertanya melebih jumlah yang ditetapkan.


" Dari yang semula ditetapkan 200 anak menjadi lebih dari 300 orang di Kecamatan Tanjung Priok," katanya.


Ia pun berharap kegiatan khitanan masal berlangsung terus setiap tahunnya dengan jumlah peserta yang lebih besar, karena benar-benar sangat membantu masyarakat.



Pernyataan manfaat kegiatan khitanan masal juga disampaikan Lurah Tanjung Priok, Kecamatan Tanjung Priok, Teguh Subroto yang menyatakan, warganya yang mengikuti khitanan masal sebanyak 70 anak. Dan warganya sangat terbantu dengan kegiatan khitanan ini. Selain itu juga juga diharapkan kegiatan sosial lainnya yang terkait memberikan bantuan pada masyarakat sekitar bisa dilakukan.


"Sebagai pimpinan kelurahan yang wilayahnya  berhadapan langsung dengan Pelabuhan Tanjung Priok, kami berharap kegiatan sosial dalam bentuk lainnya juga bisa dilakukan dengan menyertakan warga sekitar, karena sangat membantu," papar Teguh Subroto yang hadir mendampingi Camat Tanjung Priok, Syamsul Huda di lokasi khitanan, Masjid Qodamuttaqwa.



Anggota LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan)  Kelurahan Tanjung Priok, Chairul Bariyah dan Supatmi ketika ditemui wartawan menyatakan terima kasih atas kegiatan khitan masal oleh Pelindo, semoga tahun depan bisa diadakan lagi dengan jumlah peserta yang lebih besar. Selain itu juga diharapkan adanya kegiatan sosial dalam bidang lainnya sehingga membantu masyarakat yang membutuhkan.


Atas keterlibatan pencarian peserta  khitanan, Chaerul Bariyah menyatakan, tidak sulit karena waktu sosialisasi cukup dan saat liburan. Bahkan menjadikan kegembiraan bagi anak-anak yang khitan.


" Kegiatan khitanan ini meski kerjasama Pelindo dan DMI, tapi kami dari LMK Tanjung Priok ikut memberikan dukungan dengan mencari peserta khitan, dan mendampingi anak - anak  saat pelaksanaan khitanan," kata Chaerul Bariyah.


(Abu Bakar)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here