Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup, AirNav Indonesia Terbitkan NOTAM - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup, AirNav Indonesia Terbitkan NOTAM

Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup, AirNav Indonesia Terbitkan NOTAM

Share This


Tangerang ( wartalogistik.com) -  Pasca Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi Rabu (17/4), dengan ketinggian letusan mencapai 3725 m di atas permukaan laut, Bandara Sam Ratulangi Manado ditutup sejak Kamis  18 April 2024 pukul 08.00 WITA.



Direktur Operasi AirNav Indonesia Riza Fahmi menyampaikan,  saat ini ada 33 penerbangan di Bandara Sam Ratulangi yang terdampak akibat letusan Gunung Ruang, yaitu 18 Keberangkatan dan 15 Kedatangan. 


" Sejumlah 3 pesawat kargo dan selebihnya adalah pesawat penumpang. Diperkirakaran jumlah penumpang yang terdampak sekitar 3182 orang," kata Fahmi dalam siaran pers, hari ini.



Lebih lanjut Fahmi menambahkan AirNav telah mengeluarkan NOTAM (Notice to AirMen) terkait ditutupnya Bandara Sam Ratulangi Manado dengan nomor: A1000/24 NOTAMR A0999/24, dan diperpanjang penutupannya sampai dengan 23.59 WITA Kamis 18 April 2024 dengan nomor NOTAM: A1003/24.



 "Kami akan update lagi apabila sudah ada perkembangan lanjutan", ujar Fahmi.


Data yang didapatkan berdasarkan Citra satelit BMKG jam 01.30 UTC atau 09.30 WITA terdeteksi sebaran debu vulkanik yang menyebar di beberapa wilayah Sulawesi Utara. Hasil papertest  yang dilakukan oleh tim Bandara Sam Ratulangi Manado teramati adanya abu vulkanik yang sampai ke permukaan.


"AirNav Indonesia akan terus bekerja sama dengan stakeholder terkait yaitu Angkasa Pura I, BMKG, dan Otoritas Bandara setempat untuk memastikan penerbangan di Manado dan sekitarnya aman terkendali", tutup Fahmi.



(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here