Alur Sempit Membuat Kapal KPLP Dan Kapal Pelindo II Sulit Ikut Pemadaman Kapal Ikan Yang Terbakar Di Muara Baru - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Alur Sempit Membuat Kapal KPLP Dan Kapal Pelindo II Sulit Ikut Pemadaman Kapal Ikan Yang Terbakar Di Muara Baru

Alur Sempit Membuat Kapal KPLP Dan Kapal Pelindo II Sulit Ikut Pemadaman Kapal Ikan Yang Terbakar Di Muara Baru

Share This

Jakarta (wartalogistik.com) – Tiga kapal patroli KPLP (Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai) dan satu kapal dari PT Pelabuhan Indonesia II bersiap di luar alur masuk Pelabuhan Nizam Zachman Muara Baru, Jakarta Utara  untuk terlibat pemadaman.

Kapal patroli KPLP yang disiagakan di alur masuk pelabuhan perikanan tersebut adalah KNP.356 dari Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok dan KNP. 111 Trisula serta KNP.114 Alugara dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok.

Adapun satu kapal dari PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II atau yang biasa disebut Indonesia Port Coorporiation (IPC)  adalah Tug Boat (TB) SDS 36  untuk membantu proses pemadaman kebakaran kapal penangkap ikan tersebut.

"Kapal-kapal tersebut standby di alur masuk pelabuhan dan belum bisa mendekat ke lokasi karena pelabuhan sangat padat dengan kapal penangkap ikan yang menghindari kebakaran tersebut," ujar Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad, Sabtu sore (23/2).

Hingga saat ini pukul 20.00 Wib, pemadaman terus dilakukan oleh Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara yang telah mengerahkan 20 unit mobil pemadam kebakaran dan dibantu oleh 1 unit Tug Boat TB. Antasena milik Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Sampai sejauh ini tidak ada korban jiwa akibat musibah kebakaran kapal penangkap ikan tersebut," jelas Ahmad.

Sementara itu, di lokasi pelabuhan perikanan tersebut juga telah disiapkan 5 unit ambulance dan tampak terlihat 1 unit kendaraan Satpol PP dan 1 unit kendaraan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

Kebakaran terjadi pada sekitar pukul 15.30 WIB dari salah satu kapal penangkap ikan dan api terus menjalar ke kapal penangkap ikan lainnya yang berdekatan sehingga sebanyak total 16 unit kapal penangkap ikan ikut terbakar di Pelabuhan perikanan yang dikelola oleh KKP.

Ahmad menyampaikan bahwa ia akan berkoordinasi dengan Syahbandar Perikanan di Pelabuhan tersebut dan juga KKP untuk memastikan langkah-langkah antisipasi agar kedepan peristiwa serupa yang menimpa kapal penangkap ikan tidak terulang kembali. (Abu Bakar) 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here