Kapal Patroli Bisa Masuk Kolam Pelabuhan , Pemadaman Berlangsung Sampai Dini Hari - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Kapal Patroli Bisa Masuk Kolam Pelabuhan , Pemadaman Berlangsung Sampai Dini Hari

Kapal Patroli Bisa Masuk Kolam Pelabuhan , Pemadaman Berlangsung Sampai Dini Hari

Share This

Jakarta (wartalogistik.com) – Satu persatu kapal-kapal  patroli dari Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut  dan kapal dari IPC (Indonesia Port Coorporiation) atau PT Pelabuhan Indonesia II pada pukul 21.00 Wib bisa mendekat kapal-kapal yang terbakar, setelah alur masuk pelabuhan bisa dilalui dan sejumlah kapal-kapal ikan yang berada di alur masuk berhasil diarahkan ke lokasi yang lebih aman.

Kapal-kapal patroli itu bisa masuk ke kolam pelabuhan, setelah KN Lumba-Lumba  dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan upaya mengarahkan kapal-kapal ikan untuk tidak berada di alur masuk  pelabuhan.

Kapal-kapal patroli yang melakukan pemadaman yakni KNP.356 dari Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok dan KNP. 111 Trisula serta KNP.114 Alugara dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok. Adapun PT. Pelabuhan Indonesia (Pilindo) II atau yang biasa disebut Indonesia Port Coorporiation (IPC) juga  telah mengerahkan 2 unit kapal Tug Boat TB. SDS 36 dan Arjuna 01.

“Untuk kelancaran pergerakan kapal-kapal yang akan memadamkan masuk pelabuhan dan mendekati kapal ikan yang terbakar, dipandu petugas melalui radio komunikasi VHS Ch 74 dari menara pemantauan di Kantor Kesyahbandaran Perikanan,” kata Capt. Isa Amsari, Kordinator Teknis Kantor Wilayah Kerja (Wilker) Muara Baru, KSOP Sunda Kelapa, yang juga ikut memandu pergerakan kapal-kapal masuk kolam pelabuhan, ketika dikonfirmasi kelanjutan kegiatan kapal patroli yang akan melakukan pemadaman, di Pelabuhan Ikan Nizam Zachman Muara  Baru, Sabtu malam (23/2).

Lebih jauh Capt. Isa Amsari menyatakan, pemadaman berlangsung lama karena kapal-kapal yang terbakar tidak lagi berkumpul di dermaga timur, sebagaimana tempat awal terjadinya kebakaran, tetapi sudah terpencar ke berbagai arah karena larat.

“Bahkan ada kapal yang hanyut sampai ke dermaga barat mendekati kapal lainnya. Namun dengan adanya  kapal-kapal patroli sudah masuk bisa dilakukan upaya pemadaman sehingga tidak mengenai kapal-kapal lainnya,” ungkap Capt. Isa.

Dari laporan wartawan wartalogistik.com, sampai pukul 02.15 terlihat masih ada dua kapal lagi yang sedang dalam proses pemadaman, dengan posisi di dekat dermaga barat dan utara.

Sebelumnya diberitakan kapal-kapal patroli KPLP dan kapal dari IPC standby di luar kolam pelabuhan, karena alur masuk kolam pelabuhan dipenuhi kapal-kapal ikan yang menghindari kapal-kapal yang terbakar.

Sementara itu, di lokasi pelabuhan perikanan tersebut juga telah disiapkan 5 unit ambulance dan tampak terlihat 1 unit kendaraan Satpol PP dan 1 unit kendaraan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

Kebakaran terjadi pada sekitar pukul 15.30 WIB dari salah satu kapal penangkap ikan dan api terus menjalar ke kapal penangkap ikan lainnya yang berdekatan sehingga sebanyak total 16 unit kapal penangkap ikan ikut terbakar di Pelabuhan perikanan yang dikelola oleh KKP.

Pemadaman juga dilakukan oleh Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara yang telah mengerahkan 20 unit mobil pemadam kebakaran dan dibantu oleh 1 unit Tug Boat TB. Antasena milik Kementerian Kelautan dan Perikanan.


(Yadi Satria/Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here