Pertama Kali, Poltekpel Sumbar Wisuda Program Pembentukan III Langsung Diserap Perusahaan Pelayaran - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Pertama Kali, Poltekpel Sumbar Wisuda Program Pembentukan III Langsung Diserap Perusahaan  Pelayaran

Pertama Kali, Poltekpel Sumbar Wisuda Program Pembentukan III Langsung Diserap Perusahaan Pelayaran

Share This
Pariaman (wartalogistik.com) -  Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar), Rabu (17/7)  pertama kalinya mewisuda 34 orang (Nautika 18 orang, Teknika 16 orang)  dari  Diklat Program (DP) III Pembentukan menjadi    perwira muda, sejak berlangsungnya diklat (pendidikan dan pelatihan) tahun 2016, di halaman Kampus Poltekpel Sumbar.

Bersamaan prosesi wisuda itu, untuk kedua kalinya berlangsung wisuda pada  peserta DP-III Peningkatan Nautika sebanyak  10 orang, DP-IV Peningkatan Nautika  sebanyak 26 orang, DP-IV Peningkatan Teknika sebanyak 17 orang, DP-V Peningkatan Nautika sebanyak 60 orang, DP-V Peningkatan Teknika sebanyak 39 orang. Total wisudawan sebanyak 186 orang.

Bertindak selaku Inspektur Upacara pada prosesi wisuda itu, Sekretaris  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, Ir. M Popik Montanasyah  M. T. Hadir juga sejumlah kepala lembaga pendidikan dan pelatihan pelayaran di bawah naungan BPSDMP, Kementerian Perhubungan.

Dalam sambutan wisuda Popik Montanasyah   menyatakan prosesi wisuda ini adalah sebuah monen bagi peserta diklat sebagai seorang pelaut dan keluarga menyongsong masa depan putra-putrinya.

"Namun demikian para wisudawan harus tetap terus melakukan peningkatan kemampuannya, mengingat saat ini teknologi maritim dan perkapalan terus berkembang pesat dan membutuhkan sumber daya manusia yang berkompeten untuk menanganinya," ungkap Sekbadan BPSDM Perhubungan.

Diingatkan juga bahwa kelancaran dan keselamatan transportasi laut terkait dengan kemampuan  kualitas sumber daya manusia yang berkomptensi dalam mengoperasikan alat angkut tersebut.

"Sekalipun terjadi pengembangan teknologi angkutan laut, namun untuk operasionalnya agar lancar dan selamat membutuhkan penangan dari sumber daya manusia yang kompeten," tegas Popik Montanasyah.

Sementara itu Direktur Poltekpel Sumbar, Rivolindo MM, menyatakan, proses diklat berlangsung di Polekpel Sumbar sesuai dengan ketentuan STCW 2010, dilengkapi dengan peralatan praktek berupa simulator yang termodern. Tujuannya selain untuk memenuhi ketentuan internasional dan nasional mengenai kegiatan proses diklat kepelautan juga untuk membentuk pelaut yang berkompeten .

“Selain itu juga para taruna diberi  bekal leadership, pembinaan mental sehingga diharapkan menjadi pelaut yang berkarakter yang baik, pantang menyerah, tangguh ketika terjun di masyarakat,” ungkap Rivolindo seusai wisuda.


Kualitas lulusan Poltekpel Sumbar itu juga mendapat pengakuan dari para pengusaha angkutan laut. Dalam acara itu juga dilangsungkan penandatanganan kerja sama dengan pihak Atase Perhubungan (Athub) Singapura dan sejumlah  perusahaan angkutan laut dalam negeri.

“Sudah ada lima pelaut yang lulusan dari Poltekpel Sumbar di salurkan ke perusahaan pelayaran di Singapura,” kata Rivolindo.

Keberadaan dan peran Poltekpel Sumbar juga bermanfaat untuk masyarakat umum sekitarnya. Itu dibuktikan dengan adanya pemberian bantuan  pada masyarakat sekitar.

Prosesi wisuda juga dilakukan dengan memberi kesempatan pada orang tua, keluarga atau wali wisudawan untuk menyematkan epolet dan samir tanda kelulusan. Selain itu juga diisi dengan atraksi  drumband, tari dari berbagai daerah. (Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here