Syahbandar Pelabuhan Tanjung Priok Akan Buka Lagi Tiga Lokasi Untuk Layanan Keliling Pembuatan Buku Pelaut - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Syahbandar Pelabuhan  Tanjung Priok Akan  Buka Lagi Tiga Lokasi Untuk Layanan Keliling Pembuatan  Buku Pelaut

Syahbandar Pelabuhan Tanjung Priok Akan Buka Lagi Tiga Lokasi Untuk Layanan Keliling Pembuatan Buku Pelaut

Share This
Jakarta (wartalogistik.com) -
Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok, akan menambah jumlah tempat layanan pembuatan buku pelaut diluar kantor (keliling) di tiga tempat lagi, setelah sebelumnya membuka layanan di dua tempat yakni di Balai Besar Penyegaran, Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Sunter, Jakarta Utara dan Pertamina Training Maritime Center (PMTC),  Jakarta Timur.

Rencananya, ketiga tempat itu adalah Kantor Imigrasi, Jakarta Utara, Politeknik  Pelayaran (Poltekpel) Tangerang, Banten, dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta Utara.

Menurut Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok, Amirudin, layanan pembuatan buku pelaut  dan mengganti buku pelaut yang sudah habis masa berlakunya  di berbagai tempat, bertujuan  agar tercipta efesiensi waktu dan biaya serta tenaga sefta menghilangkan birokrasi pada masyarakat ketika membuat buku pelaut dan mengganti buku pelaut.

"Masyarakat tidak perlu membuang waktu ke kantor Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok dan
tidak perlu mengeluarkan biaya sea port tax masuk pelabuhan," papar Amirudin, di Jakarta, Rabu (23/10).

Selain itu juga, tambahnya, masyarakat bisa tetap ikut pendidikan atau mengerjakan hal-hal yang lainnya.

"Masyarakat bisa terhindar dari calo," tegasnya.

Adapun lokasi yang dipilih sebagai tempat layanan buku pelaut keliling adalah tempat dimana pelaut berada. Seperti lembaga diklat pelaut dan pelaut mengurus dokumen passport.

"Jadi pelaut yang diklat, tidak perlu lagi keluar biaya datang ke kantor syahbandar lagi, karena pada saat sedang diklat ada pelayanan membuat buku pelaut," ungkap Amirudin.

Atas layanan keliling itu masyarakat pun memberikan apresiasi positip pada Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok  seperti ketika melangsungkan pembuatan buku pelaut (seaman book) yang  di Pertamina Maritime Training Center (PMTC), Jakarta Timur, pada Selasa (22/10)

Salah satu masyarakat yang memberikan apresiasi itu Deni asal Sidoarjo, Jawa Timur, dengan mengunggah video di medsos.

Deni pada Selasa (22/10) sedang diklat Basic Safety Training (BST) di PMTC. Pada saat itu juga sedang berlangsung layanan keliling pembuatan buku pelaut.

Deni pun langsung membuat buku pelaut di tempat diklat tersebut.

"Saya menyatakan positip atas adanya layanan keliling pembuatan buku pelaut dari Kantor Kesyahbandaran Pelabuhan  Tanjung Priok," katanya dalam unggahannya.

Deni juga menyatakan manfaat yang sangat besar atas layanan keliling tersebut, karena peserta diklat yang dari luar daerah seperti dirinya, tidak perlu jauh-jauh lagi ke Kantor Kesyahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Tanjung Priok,

Tidak lupa Deni menyarankan agar  kegiatan layanan yang seminggu sekali bisa menjadi dua kali.

(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here