Tahun ini, KNKT Investigasi 78 Kasus Kecelakaan Dan Terbitkan 455 Rekomendasi - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Tahun ini, KNKT Investigasi 78 Kasus Kecelakaan Dan Terbitkan 455 Rekomendasi

Tahun ini, KNKT Investigasi 78 Kasus Kecelakaan Dan Terbitkan 455 Rekomendasi

Share This
Jakarta (wartalogistik.com) –  KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi ) menyebutkan kegiatan investigasi pada kasus kecelakaan sepanjang tahun 2019 sebanyak 78 kasus dan sudah selesai laporan investigasinya sebanyak 44 laporan dengan jumlah rekomendasi sebanyak 455 rekomendasi.
 
Inevtigasi kecelakaan terbanyak pada moda pelayaran sebanyak 25 kasus kecelakaan dan penerbangan sebanyak 30 kasus kecelakaan. 

Dari rekomendasi yang sudah disampaikan ke pihak operator tidak seluruhnya ditindaklanjuti.  Atas keadaan itu, Wakil Ketua KNKT, Haryo Satmiko menyatakan pihak KNKT tidak mempunyai kewenangan melakukan tindakan atas rekomendasi yang tidak ditindaklanjuti itu.

“Karena tugas kami melakukan investigasi dan melaporkan hasilnya , sedangkan rekomendasi yang belum ditindaklanjuti kami tidak mempunyai kewenangannya untuk misalnya memberikan sanksi,” kata Haryo Satmiko saat berlangsung media release KNKT dengan tema Capaian Kinerja KNKT dan Review Kecelakaan Transportasi Tahun 2019, di Jakarta pada Kamis (19/12).

Dalam paparan mengenai kegiatan sepanjang tahun ini Haryo Satmiko menyebutkan dari kecelakaan di moda angkutan laut rinciannya 22 kasus domestik dan 3 kasus internasional.

Pada moda penerbangan kecelakaan yang dinvestigasi  berkatagori accident sebanyak 8 kasus dan 22 serious incident. Hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya kejadian runway excursion mendominasi kasus yang diinvestigasi yaitu sebanyak 10 kejadian.

Dalam paparannya Haryo Satmiko menjelaskan, untuk moda kereta api investigasi dilakukan 7 kasus yang terdiri dari 6 kasus kejadian anjlok dan 1 kasus kejadian gangguan operasional.

Pada Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( LLAJ) investigasi kecelakaan sebanyak 16 kasus terdiri dari 9 kasus tubrukan, 4 kasus terbakar dan 3 kasus terguling.

Dari hasil investigasi yang dilakukan, pihak KNKT sudah berhasil menyelesaikannya. Pada moda pelayaran sudah selesai sebanyak 23 laporan dan menerbitkan rekomendasi sebanyak 158 dengan status open sebanyak 123 dan status closed sebanyak 31, serta tidak dapat dilaksanakan sebanyak 4.

Untuk moda penerbangan telah menyelesaikan 5 laporan investigasi serta menerbitkan 39 rekomendasi keselamatan. Salah satu laporan yang telah diselesaikan adalah kejadian Boeing 737 – 8 (MAX) registrars PK -LQP yang lepas kendali di Tanjung Karawang.

Untuk rekomendasi pada moda penerbangan, dari 39 rekomendasi sebanyak 44 persen merupakan pengendalian atau pengawasan, serta 56 persen merupakan pengaturan atau aturan.

Untuk moda kereta api sudah diterbitkan laporan akhir investigasi sebanyak 5 laporan serta 32 rekomendasi keselamatan dengan status open sebanyak 25 dan status close sebanyak 7. Sedangkan untuk moda LLAJ memberikan sebanyak 11 laporan investigasi serta 226 rekomendasi keselamatan yang terdiri dari 76 terkait regulasi, 21 terkait sarana dan 51 terkait pra sarana, serta 78 terkait pengawasan.
(Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here