Sepi Kegiatan Wisata, Kapal Wisata Di Labuan Bajo Banyak Yang Rusak Sampai Tenggelam - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Sepi Kegiatan Wisata, Kapal Wisata Di Labuan Bajo Banyak Yang Rusak Sampai Tenggelam

Sepi Kegiatan Wisata, Kapal Wisata Di Labuan Bajo Banyak Yang Rusak Sampai Tenggelam

Share This
Labuan Bajo (wartalogistik.com) – Sejumlah bangunan kapal wisata di kawasan wisata labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT mengalami keadaaan memprihatinkan ditengah berlangsungnya wabah Covid – 19, bahkan sudah ada yang tenggelam.


Atas keadaan itu,   Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Labuan Bajo Simon B. Baon menghimbau para pemilik memperhatikan kondisi kapal wisata. Terutama selama Pandemi Covid-19, karena  banyak kapal wisata tidak terawat bahkan tenggelam akibat tak ada kegiatan pariwisata di Labuan Bajo.

“Para pemilik kapal kebanyakan pengusaha dari Jakarta dan merumahkan karyawan selama pandemi Covid-19, sehingga kondisi kapal wisata  tak terurus memperihatinkan,” kata Bajo Simon B. Baon, di Manggarai Barat, NTT,  Jum’at (29/5).

Pada himbauannya Simon juga menjelaskan, kapal yang berlabuh maupun  sandar di wilayah kerja kantor UPP wajib dijaga minimal 2 ABK, 1 bagian dek dan mesin yang kompeten dan bersertifikat sesuai Peraturan Perundangan-undangan.

“Kewajiban penempatan awak kapal ini sesuai Surat Edaran Nomor UM.003/2/14/UPP.LBJ-2020 tanggal 26 Mei 2020 tentang Pengawakan Kapal yang Berlabuh / Sandar di Wilayah Kerja Kantor (UPP) Kelas II Labuan Bajo,” jelasnya.

Atas keadaan kapal yang tenggelam, Simon sudah melaporkan ke kantor pusat, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kemenhub di Jakarta agar pemilik mengevakuasi kapalnya.

“Simon menegaskan keadaan tersebut (kapal yang tenggelam) ini tidak berpengaruh dengan alur pelayaran kapal kargo antar pulau dan provinsi karena berada di posisi angker area dan moringbuoy. 

(Abu Bakar)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here