KSU Pelabuhan Tanjung Priok Siap Kordinasi Pengendalian Varian MU - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
KSU Pelabuhan Tanjung Priok Siap Kordinasi Pengendalian Varian MU

KSU Pelabuhan Tanjung Priok Siap Kordinasi Pengendalian Varian MU

Share This







Jakarta ( wartalogistik.com) - Kantor Syahbandar Utama ( KSU) Pelabuhan  Tanjung Priok, melakukan pengendalian yang ketat bagi kapal- kapal asing, untuk mencegah masuknya varia terbaru dari Covid 19 yakni varian Mu.


" Diantara upaya pengendalian yang dilakukan berupa pengetatan pemeriksaan pada orang yang dari luar negeri, seperti pekerja migran (PMI/Pekerja Migran Indonesia), pelaut yang akan turun ke darat, dan saat pergantian awak kapal, namun untuk PMI terbilang kecil, sehingga fokus pada pelaut-pelaut kapal dari luar negeri," kata Kepala KSU Pelabuhan  Tanjung Priok, Andi Hartono, di Jakarta, Sabtu ( 11/9).


Diakuinya, arahan berkordinasi dalam rangka  pengendalian ketat atas adanya Varian MU dari luar negeri sudah disampaikan Menhub, Budi Karya Sumadi pekan lalu. Untuk itu pihak UPT ( Unit Pelaksana Teknis) menindaklanjuti arahan tersebut agar varian terbaru dari Covid - 19 tidak masuk Indonesia.


" Kami juga menunggu  bentuk pengendalian  varian terbaru ini  dari pihak Satgas Covid - 19, karena mereka yang secara teknis mengetahuinya, dan kami menjalankannya. Namun demikian, sebagaimana yang sudah kami lakukan selama ini dengan berkordinasi dengan instansi mitra seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan, Imigrasi dan yang lainnya,  kami tetap menjalankan protokol pengendalian Covid - 19 dengan beberapa varian sebelumnya dan tentu saja tidak boleh kendor," papar Andi Hartono.


Untuk itu, tambahnya, pihak KSU Pelabuhan Tanjung Priok sudah dan akan terus menghimbau pada pihak pelayaran maupun agen pelayaran, untuk memperhatikan pelaut- pelaut dari luar negeri yang akan masuk maupun saat pergantian awak kapal.


" Yang paling utama pada saat pelaut yang akan turun harus sudah di PCR. Dan pada saat akan di darat juga harus di PCR kembali. Lokasi PCR di Pelabuhan Tanjung Priok ada di terminal kapal penumpang," ujar mantan KSOP Panjang.


Pekan lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah meminta jajarannya untuk melakukan konsolidasi internal dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, yakni: Kemenlu, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kemenkes, Satgas Penanganan Covid-19, Ditjen Imigrasi, dan pihak terkait lainnya.


“Sesuai arahan bapak Presiden RI Joko Widodo yang memerintahkan kepada kami untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 ke Indonesia, kami segera menyiapkan langkah-langkah untuk mengantispasinya,” demikian disampaikan Menhub, Selasa (7/9).


Menhub mengatakan, untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 ke Indonesia, salah satunya perlu dilakukan pengendalian transportasi di simpul-simpul transportasi yang melayani rute-rute internasional, yakni di bandara internasional maupun pelabuhan internasional.


“Kami segera menggelar pertemuan untuk berkoodinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti dengan Kemenlu, KKP, Satgas Penanganan Covid-19, dan Ditjen Imigrasi, untuk menentukan langkah-langkah pengendalian yang diperlukan, dalam rangka mencegah masuknya varian baru Covid-19,” ujar Menhub.


Adapun kegiatan yang selama ini dilakukan bagi PMI berupa memfasiltasi kegiata Rapid dan PCR, dan mengkarantina selama 8 hari.


" Jika positip maka berlanjut, jika negatip PMI bisa melakukan perjalannya," pungkas Andi Hartono.


( Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here