KM Ciremai Tiba Di Pelabuhan Priok, Pemudik Gratis Kapal Laut : Terima Kasih Pak Menhub, Lebaran Tahun Depan Ada Lagi Kapal Laut Gratis Ya - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF


 

Post Top Ad

Responsive Ads Here
KM Ciremai Tiba Di Pelabuhan Priok, Pemudik Gratis Kapal Laut : Terima Kasih Pak Menhub, Lebaran Tahun Depan Ada Lagi Kapal Laut Gratis Ya

KM Ciremai Tiba Di Pelabuhan Priok, Pemudik Gratis Kapal Laut : Terima Kasih Pak Menhub, Lebaran Tahun Depan Ada Lagi Kapal Laut Gratis Ya

Share This

 




Jakarta (wartalogistik.com) – Kapal penumpang KM Ciremai yang dioperasikan PT Pelni membawa pemudik gratis balik dari  Semarang dan Surabaya sampai di Pelabuhan Tanjung Priok pukul 07.30 Wib pada Rabu (11/5) membawa 1182 orang dan 466 unit motor. Semua penumpang merasakan suka cita dan berharap tahun depan ada kapal gratis lagi buat pemudik berkendaraan motor.


KM. Ciremai membawa penumpang dari Semarang sebanyak 1042 orang dan motor 429 unit. Adapun pemudik dari Surabaya 140 orang dan 37 unit motor.




“Terima kasih Pak Menhub,  lebaran tahun depan ada lagi ya kapal gratis buat pemudik bermotor,” penggalan kalimat dari pemudik kapal Ciremai yang nyaris sama disampaikan dengan sejumlah pemudik lainnya ketika beristirahat di terminal penumpang kapal laut Pelabuhan Tanjung Priok, menunggu motornya diturunkan dari kapal oleh para petugas terminal.


Salah seorang pemudik bermotor, Wandi merasa sangat berterima kasih pada pemerintah atas adanya fasilitas mudik gratis dengan kapal laut. Pelayanan sangat baik saat mudik dan baliknya. Baik di terminal penumpang maupun di atas kapal.


“Di terminal penumpang Tanjung Priok dan Surabaya kendaraan motor kami naik dan turun kapal dilakukan oleh para petugas yang ada di terminal. Kami melalui dalam terminal tinggal naik kapal. Di atas kapal juga dapat makanan dan enak makanannya. Anak-anak senang, istri juga senang,” kata  Wandi yang naik mudik ke Surabaya.


Hal senada juga dengan Purnomo yang merasa perbedaan kelalahan antara berkendaraan motor di jalan darat saat mudik dengan naik kapal laut.


“Dengan naik kapal laut tidak terlalu cape di badan dibandingkan naik motor saat mudik melalui jalur darat, belum lagi risikonya di jalan,” katanya yang mudik bersama istri dan satu orang anaknya.


Ketika kapal tiba di Terminal  Tanjung Priok juga dilakukan prosesi penyambutan oleh Kepala Subdit Angkutan Dalam Negeri, Ditjen Hubla,  Yogi Nugroho, mewakili PLT Dirjen Hubla Mugen S. Sartoto, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Capt. Wisnu Handoko, GM PT Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, Hadi Safitri Noor, GM Pelni Cabang Tanjung Priok, Nuraini Dessy Winiasturi,  Kepala Bagian Operasi Polres Pelabuhan Tanjung Priok,  Kompol Bayu, Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut dan Jasa Kepalabuhanan, Kantor OP Tanjung Priok, Dedi.


Capt. Wisnu ketika diwawancarai menyatakan atas jumlah penumpang yang naik cukup puas, karena antara jumlah arus mudik dan balik sama. Hal itu menunjukan pemudik memang menggunakan angkutan kapal laut.


“Kami puas melihat antusias pemudik naik kapal. Dan atas harapannya pemudik tahun depan agar adanya kembali dilakukan tentunya akan menjadi perhatian pemerintah di pusat. Jika dua tahun sebelumnya tidak ada layanan kapal laut gratis itu karena memang sedang adanya pembatasan orang bepergiaan terkait wabah  Covid-19,” kata Capt. Wisnu Handoko.


Dikatakan juga, perhatian pemerintah pada pemudik melalui kapal laut terkait memperhatikan kepentingan pemudik itu sendiri. Fasilitas ini diberikan agar masyarakat yang selama ini menggunakan motor di jalan raya semakin berkurang dan mengalihkan ke kapal laut, karena risiko bahaya  sangat tinggi berkendaraan di jalan raya dalam jarak jauh dan waktu yang panjang.


“Pemerintah peduli dengan pemudik, makanya memfaslitasi pemudik dengan kapal laut, bahkan tahun 2018 sebelum adanya Covid 19 pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan memfasilitasi dengan menyediakan kapal mudik gratis sebanyak 16 kapal mudik gratis dari berbagai jenis kapal seperti kapal perintis mapun kapal ternak yang di set up buat penumpang di berbegai daerah,” paparnya.


Sementara itu Hadi Safitri Noor, yang hadir dalam penyambutan pemudik itu juga menyatakan, kesiapan terminal itu setiap saat untuk melayani pnumpang. Kapasitas  terminal penumpang Tanjung Priok saat ini mampu menampung 5000 orang. Fasilitasnya sangat memadai karena juga tersedia garbarata untuk penumpang naik ke kapal dengan aman dan nyaman.


“Untuk melayani penumpang, baik pemudik maupun penumpang umum yang saat ini mencapai angka sekitar 1500 sampai 2000  orang tentunya masih sangat mencukupi, ” ujarnya GM Pelindo Regional 2 Tanjung Priok.


Selain itu Hadi Safitri juga menyatakan, selama menyambut arus pemudik lebaran tentunya kegiatan persiapan dan pelaksanaan lebih ditingkatkan,  karena penumpang menggunakan motor. Untuk itu dipersiapkan fasilitas jalan untuk menaikan motor dan pihak yang melayani motor pemudik naik dan turun kapal.


“Semua dilakukan agar kegiatan melayani pemudik di terminal penumpang kapal laut berjalan lancar, aman dan nyaman,” tandas Hadi Safitri.


Sementara itu Nuraini Dessy menyatakan rasa senang dan bersyukur karena menyelesaikan tugas yang diamanatkan pemerintah dengan baik dan lancar untuk mengangkut pemudik, baik penumpang pergi dan kembalinya dengan kapal Ciremai yang selesai pada hari ini.


“ Kami senang  karena penumpang yang mudik naik motor beralih, naik kapal tentunya akan mengurangi kecelakaan lalu lintas yang tidak kita harapkan. Penumpang juga dapat beristirahat dengan santai diatas kapal, sebelum mereka bekerja kembali. Secara fisik membantu penumpang, jika dibandingkan mereka harus bawa motor dari  Surabaya dan Semarang, ” kata GM Pelni Cabang Tanjung Priok.


Untuk pemudik  gratis kapal laut dengan kendaraan motor tinggal satu kapal lagi yakni  KM Dobonsolo yang akan tiba di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Priok pada Jumat (13/5) melayani jalur yang sama dengan KM Ciremai. (Abu Bakar)

(Abu Bakar)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here