Pangkalan PLP Tanjung Perak Jadikan Marpolex 2023 Ajang Pembuktian Kemampuan Personil Atasi Masalah di Laut - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Pangkalan PLP Tanjung Perak Jadikan Marpolex 2023 Ajang Pembuktian Kemampuan Personil Atasi Masalah di Laut

Pangkalan PLP Tanjung Perak Jadikan Marpolex 2023 Ajang Pembuktian Kemampuan Personil Atasi Masalah di Laut

Share This


Jakarta (wartalogistik.com) - Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Perak, Devi Mamesah menyatakan keikutsertaan jajarannya pada Marpolex (Marine Pollution Exercise) 2023 atau Latihan Bersama Penanggulangan Tumpahan Minyak di Laut yang berlangsung dari tanggal 16 - 20 Oktober  sebagai ajang pembuktian personil, kapal dan peralatan yang dimiliki menghadapi kejadian musibah dilaut.


" Tim yang kami kirim memiliki keahlian pemadaman kebakaran di kapal. Kapal juga dilengkapi sarana pemadaman yang baik, sehingga pada latihan bersama ini, jajaran kami bisa menjalankan tugas-tugas yang diamanatkan," katanya.


Kegiatan Marpolex terbagi dalam dua sesi. Pertama di darat dan kedua di laut. Kegiatan latihan bersama dilaut berlangsung pada Kamis (19/10) dimulai dengan gelar apel pasukan di dermaga terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Priok. Setelah itu dilanjutkan dengan latihan di laut, luar perairan dam. Sebanyak 28 kapal dari berbagai instansi ikut ambil bagian dalam berbagai kegiatan latihan bersama itu.


Selain itu juga tambah Devi Mamesah, untuk  itu jauh-jauh hari, berbagai kegiatan meningkatkan kemampuan personil Pangkalan PLP Tanjung Perak dilakukan, untuk mendukung kegiatan Marpolex dan mengantisipasi keadaan yang terjadi sesungguhnya di wilayah lingkungan kerja kami.


Berbagai kegiatan yang dilakukan selama ini seperti latihan penyelaman, pemadaman kebakaran di kapal, kegiatan pencarian dan pertolongan dan kegiatan penanggulangan pencemaran di laut.


" Dengan begitu personil kami siap menghadapi segala keadaan, termasuk ketika mengikuti kegiatan Marpolex tahun ini, mendukung pengamanan di laut atas kegiatan kapal penumpang pada masa angkutan libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) dan lainnya yang menjadi tusi kami," jelas Devi Mamesah.


Atas kegiatan yang berlangsung hari ini, Kamis ( 19/10), berupa Kegiatan Bersama Penaggulangan Tumpahan Minyak di Laut, Devi Mamesah berharap agar anggota/personel dari KN.Grantin P. 211   khususnya sebagai perwakilan dan semua anggota dan jajaran Pangkalan  PLP Tanjung Perak pada umumnya semakin bertambah mendapatkan ilmu , pengalaman , keahlian  secara berkelanjutan.


"Sehingga di dalam pelaksanaan tusi di wilayah kerja pangkalan, setelah Marpolex 2923 dapat berjalan semakin baik dan lancar , ungkap Devi Mamesah.


Kordinator Opersional Pangkalan PLP Tanjung Perak, Purna Arya Mukti menyampaikan dalam mendukung kegiatan Marpolex 2023 ini  Pangkalan PLP Tanjung Perak menurunkan KN. P 211 Granting. 


"Kapal dalam kondisi siap, disertai dengan  jumlah ABK  yang cukup," katanya.


Adapun persiapan kegiatan ini sendiri sudah disusun dengan sangat baik mengikuti arahan atau jadwal yg sudah disiapkan oleh Subdit Penaggulang Musibah dan Pekerjaan Bawah Air,  Direktorat KPLP,  selaku panitia pelaksan mulai dari materi,  penyusunan jaring komunikasi,  table top  hingga pelaksanaan latihan di laut .


Atas kegiatan Marpolex, Purna Arya Mukti  juga menyatakan manfaat yang didapat pada kegiatan bersama ini membangun kesiap siagaan ( quick respon ) dan meningkatkan kemampuan personil menghadapai musibah tumpahan minyak di laut , kebakaran kapal,  atau evakuasi korban jatuh ke laut.


" Yang paling utama adalah meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antar instansi yang terkait dalam menghadapi musibah tersebut ," kata Purna.



( Abu Bakar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here