Pelindo II Diminta Segera Bangun ‘CBL’ - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Pelindo II Diminta Segera Bangun ‘CBL’

Pelindo II Diminta Segera Bangun ‘CBL’

Share This
JAKARTA-WARTA LOGISTIK.COM – Guna meningkatkan efektivitas pengangkutan logistik dengan container khususnya dari dan ke timur Jakarta, Kementerian Perhubungan mendorong PT Pelindo II segera membangun Cikarang Bekasi Laut (CBL) Inland Waterways yang menghubungkan Pelabuhan Tanjung Priok dengan kawasan industri di sekitar Cibitung, Cikarang, dan Karawang, Jawa Barat dengan memanfaatkan Kanal CBL.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sebelumnya mengatakan upaya ini dilakukan untuk meningkatkan konektivitas Pelabuhan Tanjung Priok dengan daerah pedalaman (hinterland).

“Moda transportasi alternatif saat ini sangat dibutuhkan, sekarang transportasi terbatas pada jalan tol dan kereta api, ini akan menjadi alternatif yang lebih modern dan hemat biaya untuk kedua moda transportasi dalam bentuk jaringan jalur darat dengan menggunakan tongkang,” kata Menhub Budi belum lama ini.

Menurut Budi Karya, CBL ini akan menjadi solusi untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di jalan tol yang menuju Cibitung, Cikarang, dan Karawang, dan juga menyediakan solusi logistik yang lebih hemat biaya dan efisien. Cara ini menurutnya juga dapat mengurangi tingkat polusi udara.

Menhub berharap CBL Inland Waterway dapat meningkatkan arus volume kontainer dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok, Cibitung, Cikarang, dan Karawang.

Menhub Budi mengungkapkan, nantinya Inland Terminal dipersiapkan seluas 52 hektar untuk melayani 1,6 juta TEUs dengan panjang dermaga 1600 m. Selain itu, untuk initial stage akan dibangun Inland Terminal seluas 10 hektar dengan dermaga sepanjang 600 m.

Inland Terminal CBL akan terkoneksi dengan jalan Tol Cilincing – Cibitung (JTCC) melalui jalan akses penghubung sepanjang ± 4.2 km. (Abu Bakar/WL.COM).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here