Saat Pengamanan Nataru, Kapal Pangkalan PLP Tanjung Perak Lakukan SAR Pada Kapal KM Vision Global Yang Kecelakaan di Perairan Pulau Sepanjang - WARTA LOGISTIK | CERDAS & INFORMATIF

Post Top Ad

Responsive Ads Here
Saat Pengamanan Nataru, Kapal Pangkalan PLP Tanjung Perak Lakukan SAR Pada Kapal KM Vision Global Yang Kecelakaan di Perairan Pulau Sepanjang

Saat Pengamanan Nataru, Kapal Pangkalan PLP Tanjung Perak Lakukan SAR Pada Kapal KM Vision Global Yang Kecelakaan di Perairan Pulau Sepanjang

Share This







Gresik (wartalogistik.com) - Setiap keadaan selalu siap jalankan tugas. Itu ditunjukan Kapal Pangkalan Penjaga Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Perak, KN Grantin,  yang sejak Rabu malam ( 20/12) melakukan kegiatan SAR ( Search And Rescue) ke  perairan Pulau Sepanjang, setelah mendapat informasi adanya kecelakaan yang terjadi pada kapal laut KM Vision Global GT 6674, jenis kapal general cargo,  pada Selasa (19/12) jam 23.22 WIT.



Awak kapal KM Vision Global yang mengalami kecelakaan berjumlah 21 orang dan berhasil diselamatkan kapal yang berdekatan KM Niki Mila Utama sebanyak 13 orang. Kapal yang mengalami kecelakaan berangkat dari Pelabuhan Tuban untuk melakukan pelayaran dengan tujuan Pelabuhan di Mumere ( NTT).



" Sebanyak delapan orang awak kapal masih belum ditemukan ," kata awak kapal yang selamat.



Kepala Pangkalan PLP Tanjung Perak, Devi Mamesah menyampaikan, setelah mendapatkan informasi adanya kecelakaan kapal kargo di perairan sekitar Pulau Sepanjang, langsung melaporkan ke Direktur KPLP.



Selanjutnya, pihak Pangkalan PLP Tanjung Perak, mengarahkan Komandan KN. Grantin P. 211 yang sedang melakukan pengamanan pada kegiatan angkutan laut Natal 2023 dan Tahun' Baru 2024  (Nataru) di Pelabuhan  Tanjung Wangi, Banyuwangi untuk menjalankan tugas SAR, pada Rabu malam ( 20/12). pukul 20.25 WIB.



Setelah mendapat penugasan untuk SAR, maka kapal patroli itu bergerak menuju lokasi kecelakaan KM. Vision Global yg tenggelam di 25NM selatan Pulau Sepanjang, dengan jumlah kru 19 orang dengan komandan kapal Capt. Meiko Hendra Setiawan.



"Saat itu kami mendapat informasi pada pukul 19.00 Wib. Jadi sejam kemudian setelah persiapan selesai, kapal langsung berangkat ke lokasi kecelakaan," kata Kalan Pangkalan PLP Tanjung Perak.



Selain itu juga tindakkan yang diambil Pangkalan PLP Tanjung Perak berkoordinasi dengan Basarnas terdekat.  ⁠Pengumpulan Informasi dari KM. Niki Mila Utama selaku kapal penolong. KN.Grantin P.211 dari Pelabuhan.  Tanjung  Wangi menuju  TKP, Jarak 91 NN waktu tempuh +/- 12 jam.


(Abu Bakar) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here